PANDUAN PENGGUNAAN E-LEARNING UNTUK LOGIN DOSEN

 

LOGIN DAN REGISTRASI

Untuk memulai penggunaan elearning anda harus memiliki beberapa hal yang dibutuhkan yaitu : Browser atau Penjelajah Internet anda dapat menggunakan Google Chrome ™, Mozilla Firefox ™, atau Safari. Kemudian ketik pada kolom URL : https://learning.univrab.ac.id/

Gambar 1 Addressbar pada halaman browser.
 

Maka pada halaman browser akan muncul jendela utama atau homepage elearning. Pada bagian homepage kiri terdapat tampilan login.

Gambar 2. Halaman Depan Elearning UNIVRAB
 

Pada bagian sisi kanan tampilan home page, pada bagian login kita dapat memasukan Nama User/ username dan kata sandi atau Password. Pada bahagian tengah akan ditampilkan Daftar matakuliah yang diurutkan berdsarkan jumlah akses ke matakuliah tersebut.

Gantilah password yang telah diberikan dengan memperhatikan kebijakan kata sandi untuk menghindari penggunaan yang tidak diizinkan dan demi keamanan akun elearning.

Jika anda belum memiliki akun maka pada pilihan kolom login klik menu SignUp untuk mendaftarkan ke situs matakuliah. Maka akan muncul halaman form pendaftaran, isikan identitas diri yang sesuai dengan jati diri masing-masing, ingat !! data diri harus secara formal benar dan dapat dipertanggung jawabkan, karena akan berhubungan dengan proses perkuliahan Dosen dan Mahasiswa.

Hal pertama pada halaman registrasi adalah menentukan profil akun, seperti ditunjukan pada gambar 4. Jika kita adalah Dosen Pengampuh maka pilih Teach Course artinya pengajar Matakuliah. Jika kita berperan sebagai learner atau Mahasiswa maka centang pilihan Follow Course atau mengikuti matakuliah.

 

Gambar 4 Form Registrasi
 

Untuk password ketikan password sesuai kebijakan keamanan masukan huruf dan angka minimal sebanyak 8 karakter. Ulangi kembali password anda pada kolom isian Konfirmasi. Untuk Code ketikan NIDN dosen. Tanda asterisk * menandakan Mandatory atau wajib disi sedang kan kolom isian yang lain bersifat opsional (boleh tidak diisi). Klik register jika anda yakin telah mengisi data dengan benar.

Jika mengalami pesan registrasi gagal artinya ada isian yang belum valid atau Nama User sudah digunakan oleh orang lain. Gunakanlah Nama User yang unik seperti  NIDN.

Jika anda mengalami kesulitan silahkan menghubungi staf PUSKOM. Jika sudah berhasil login untuk pertamakali, maka akan ditampilkan menu untuk memilih daftar matakulaih untuk di ikuti.

Langkah pertama setelah berhasil login kedalam system elearning adalah mengedit profile pribadi. Klik icon pada menu yang disebelah kiri, kemudian klik edit profil. Pada gambar 5 dapat dilihat kita tidak dapat mengganti beberapa isian profil, jadi pastikan anda mengisi form registrasi dengan benar. Untuk mengganti gambar profil dengan photo pada kolom add image klik chose file kemudian pilih gambar yang akan digunakan sebagai profile picture. Klik save setting jika telah selesai melakukan proses editing biodata.

Gambar 5. Halaman Edit Profil
 

SOCIAL NETWORK

Elearning Univrab telah dilengkapi dengan fiture social network, untuk dapat menjalin pertemanan dengan sesama mahasiswa maupun dosen kita dapat mencari nama akun pengguna elearning dan berteman untuk dapat berkirim pesan maupun kegiatan media sosial lain. Fitur lain adalah pesan, kita dapat berkirim pesan baik kepada sesama mahasiswa maupun pesan kepada dosen matakuliah jika kita mempunyai pesan yang ingin disampaikan yang tidak dapat di lakukan pada pertemuan kelas.

Gambar 6. Halaman berkirim pesan

 

Selain itu terdapat fitur penyimpanan file pribadi pada menu Myfiles kita dapat membuat Direkori dan mengupload file pribadi kedalam nya dengan kapasitas yang terbatas.

Gambar 7. Fitur Penyimpanan Data
 

Untuk memulai pertemanan klik menu invitation pada menu Social Network lalu ketikan nama user dan klik search, maka akan muncul akun yang dimaksud lalu klik send invitaion.

Gambar 8. Undangan Pertemanan

 

Pada user lain yang di undang pertemanan akan muncul notifikasi pemberitahuan berupa angka jika kita belum membuka notifikasi tidak akan hilang.

Klik pada menu Pending Invitations untuk membuka undangan pertemanan.

Akan muncul pesan undangan pertemanan, untuk melakukan konfirmasi pertemana pilih tanda centang disamping tanda silang (x), jika anda tidak ingin melakukan konfirmasi maka pilih tanda (x).

 

Profil Trainer atau Pengajar bertugas menyajikan perkuliahan dengan memasukan beberapa data sehingga mahasiswa dapat mengakses materi yang akan disampaikan melalui elearning.

 

MEMBUAT MATAKULIAH

Gambar 9. Menu menambah mata kuliah
 

Langkah pertama sebagai dosen adalah dengan mendaftarkan matakuliah yang diampuh untuk melakukannya login terlebih dahulu kedalam elearning, pada menu sidebar sebelah kiri ada menu seperti pada gambar 9. Untuk membuat situs matakuliah klik menu buat situs mata kuliah/Create Course.

Ketikan nama matakuliah yang akan kita buat, untuk mempermudah mahasiswa menemukan matakuliah kita klik advanced settings lalu masukan Categori dengan pilihan Semester matakuliah berada misalnya Etika Profesi Semester I. kemudian klik Create this Course.

Gambar 10.Proses Menambah  Data Matakulaih Baru
 

DAFTAR MENU MATAKULIAH

Setiap matakuliah memiliki menu yang sama dikelompokan kedalam tiga kategori Authoring, Interaction dan Administration.

Gambar 11. Menu Matakuliah
 

Setiap menu icon dapat di munculkan dan disembunyikan aksesnya bagi mahasiswa, sebagai contoh jika saat Quiz Online kita sembunyikan seluruh icon dan hanya memunculkan menu icon quiz/tests.

Untuk menyembunyikan menu icon klik tanda berupa mata, sehingga icon berubah menjadi mata tertutup artinya mahasiswa tidak dapat melihat menu tersebut ketika mengakses matakuliah. Untuk membuktikan klik tombol tampilian siswa

 

BERIKUT INI PENJELSAN TENTANG MENU-MENU YANG TERDAPAT DALAM MATA KULIAH

INTRODUCTION

Langkah pertama berikan intro perkenalan tentang matakuliah sehingga mahasiswa dapat mengetahui gambaran awal matakuliah yang akan mereka ikuti. Jika sudah selesai klik save intro text.

Gambar 12. Intro Text
 

AUTHORING

Menu authoring berfungsi untuk memberikan kemudahan terhadap penyajian materi perkuliahan baik berupa dokumen, sajian soal, diskusi, pengumuman dan lainnya.

 

COURSE DESCRIPTION

Berfungsi mendeskripsikan matakuliah agar mahasiswa dapat memahami matakuliah berkenaan dengan Deskripsi Matakuliah, Objektif, Topik Pembahasan, Metodologi, Materi Pembelajaran, Sumber Daya, Asesmen dan sebaginya. Klik masing masing ikon untuk menambahkan deskripsi matkuliah.

Gambar 13. Deskripsi Matakuliah
 

DOCUMENTS

Menu dokumen berfungsi untuk menyimpan dokumen bahan pembelajaran baik berupa materi pokok, soal latihan maupun media pembelajaran lain baik berupa text, audio, video maupun gambar.

Pada menu bagian atas terdapat icon untuk memulai membuat lampiran dokumen berupa text audio maupun gambar berikut dijelaskan masing-masing fungis dari setiap icon yang ada :

Tabel 1. Fungsi icon pada Menu Documents
 

Gambar 14. Menu Dokumen
 

Kita juga dapat menampilkan dokumen maupun menyembunyikannya dengan cara klik tanda mata, untuk merubah klik tanda pensil untuk menghapus klik tanda silang.

 

LEARNING PATH

Learning Path membuat pola pembelajaran agar lebih terstruktur dan rapi sehingga mahasiwa dapat melihat bagaimana perkembangan materi perkuliahan dari pertemuan pertama hingga pertemuan akhir.

Buat terlebih dahulu kategori dengan cara klik tombol warna kuning misalnya UTS, kemudian buat sebuah learning path dengan nama Pertemuan 1 dengan katergori UTS, sehingga akan ditampilkan pertemuan 1 di kategori UTS.

Gambar 15. Learning Path.

LINKS

Kumpulan pranala luar yang kita miliki sebagai referensi bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengetahuan tambahan dapat kita tautkan pada fitur ini, terlebih dahulu buat kategori link dengan klik icon warna Kuning, kemudan buatlah sebuah link dengan meng-klik icon bola dunia kemudian masukan URL lengkap seperti http://www.slideshare.net/.

Gambar 17. Pranala Luar
 

QUIZ / TEST

Tools ini untuk membantu proses pembuatan ujian secara online berbasis komputer, atau dikenal dengan CBT (Computer Base Tests), ada beberapa icon menu yang perlu diperhatikan yaitu untuk membuat test baru, icon kedua untuk menambah pertanyaan, icon ketiga kategori pertanyaan, icon ke tiga daur ulang semua pertanyaan yang pernah dibuat, icon selanjutnya import pertanyaan sesuai icon dan terakhir menghapus seluruh hasil jawaban mahasiswa.

 

MEMBUAT UJIAN ONLINE

untuk memulai membuat quiz klik tombol biru “Latihan baru/Create a new test”.

Gambar 18. Membuat Quiz Online
 

MENGATUR JALANNYA UJIAN ONLINE

Masukan nama quiz yang akan kita buat kemudian buat keterangan dari test yang akan kita buat:

berikut ini penjelsan di dalam advanced settings

Feedback adalah timbal balik dari setiap pertanyaan yang akan diberikan pilihan nya at the end ot test akan memberikan umpan balik pada akhir quiz, self-evaluation memberikan umpan balik secara langsung, exam tidak ada umpan balik

Berikutnya adalah question per-page adalah pilihan penyajian pertanyaan perhalaman atau seluruh pertanyaan akan ditampilkan dalam satu halaman, question selection type adalah model memunculkan pertanyaan baik acak atau secar urutan abjad, shuffle answer adalah mengacak jawaban yang akan disajikan, max number of attemps adalah kesempatan mengulang menjawab pertanyaan tak terbatas atau hanya beberapa kali.

Setting waktu dapat di set kapan quiz dimulai dan kapan quiz selesai untuk dilaksanakan

Show score kita pilih bagaimana kita menyajikan nilai akhir kepada mahasiswa yang telah menyelesaikan seluruh pertanyaan, mode auto akan memberikan nilai akhir dan jawaban yang benar dari pertanyaan, mode exam tidak akan menampilkan nilai maupun jawaban yang benar, mode practice menampilkan nilai saja, sedangkan mode terakhir menampilkan nilai pada setiap percobaan jawaban tapi memberikan jawaban yang diharapkan pada akhir Ujian. Pass percentage adalah nilai minimal kelususan dari ujian/quiz, jika sudah selesai klik Proceed to question untuk memulai membuat pertanyaan.

 

MEMBUAT PERTANYAAN-PERTANYAAN

Jendela berikutnya untuk membuat pertanyaan sesuai dengan jenis soal yang kita inginkan.

Gambar 19. jenis Soal
 

Buatlah pertanyaan dengan mengisi kolom question tanda bintang berarti wajib diisi

Berikan jawaban yang benar dengan membuat tanda pada kolom true ketik jawaban pada answer, ketik komentar terhadap jawaban pada kolom comment dan berikan score pada jawaban yang salah. Pada baris berikunya adalah jawban yang salah dengan core 0.

Kita dapat menambahkan jumlah jawban dengan klik tombol add answer option, atau mengurangi jawaban dengan remove answer option, untuk memasukan pertanyan klik tombol “add this question to the test”.

Setelah selesai membuat pertanyaan kita dapat melihat dan melakukan editing jika pertanyaan masih ada yang belum tepat, misal score yang masih belum tepat.

Untuk menguji coba pertanyaan klik icon kaca pembesar, untuk melihat statistik peserta ujian klik icon grapik, untuk mengatur ulang pertanyaan klik tombol tools. Contoh hasil uji test online peserta test akan langsung mendapat score dan jawban yang benar yang seharusnya dijawab.

Gambar 20. Feedback soal Multiple Choice

Gambar 21. Feedback Multiple Answer

Gambar 22. Feedback Fill inthe blank
 

Gambar 26. Feedback soal Matching

Gambar 23. Akhir Ujia mendapat Score
 

Bergantung pada setting Quiz diawal tampilan akhir ujian online akan berbeda tergantung terhadap kondisi dan kebutuhan, jika diperlukan jawaban yang benar diketahui mahasiswa maka berikan opsi auto-evaluation, jika nilai dan jawaban bersifat rahasia maka berikan opsi mode examp.

ANNOUNCEMENT / PENGUMUMAN

Pengumuman memberikan akses awal kepada mahasiswa terhadap kejadian yang akan datang sehingga mahasiswa dapat mempersiapkan diri untuk hari yang telah ditentukan, misalnya dosen berhalangan hadir pada pertemuan minggu depan dan ada tugas yang harus dikerjakan. Untuk membuat pengumuman klik tombol add announcement.

Gambar 24. Menu Announcements
 

Isikan penerima subject dan deskripsi pengumunan seperti pada contoh gambar 29. Dibawah ini.

Gambar 25. Pengumuman
 

ASSESSMENTS

Adalah pemberian sertifikasi bagi mahasiswa jika memperolah score tertentu ketika mengikuti perkuliahan secar online, pemberian score juga berdasarkan aktifitas tertentu pada halaman elearning.

Gambar 26. Assessments
 

DROPBOX

Berfungsi mengirim dan menerima file dari akun elearning lain misalnya antara dosen dengan mahasiwa dan sebaliknya, gunakan fasilitas ini untuk mengirim tugas pilih tab menu untuk beralih antar mengirim dan menerima file.

CHAT / PERCAKAPAN

Untuk berinteraksi antar sesama mahasiswa maupun kepada dosen secara instan kita dapat menggunakan fasilitas chat, tool percakapan ini hanya berlaku untuk sesama anggota matakuliah yang terdaftar.
 

Untuk melakukan percakapan secara pribadi dengan pengguna lain silahkan klik tanda bubble chat pada pojok kanan nama pengguna sebelah kiri. Sehingga akan muncul tab nama pengguna yang akan kita lakukan percakapan secara personal.

Untuk percakapan interaksi semua anggota pengguna bisa klik tab All/Semua sehingga seluruh pengguna akan dapat membaca isi percakapan kita. Perhatikan tatakrama dalam percakapan secara online.

 

ASSIGNMENTS / PENUGASAN

Untuk membuat penugasan bagi mahasiswa terlebih dahulu buat penugasan baru dengan meng-klik tombol create new assignment. Pada kolom number of submitted terlihat jumlah mahasiswa yang telah melakukan proses upload tugas dari seluruh mahasiswa yang terdaftar di matakuliah. Lakukan validate jika anda telah mengisi nama penugasan dan deskripsi penugasan
 

Dosen dapat mendownload seluruh tugas mahasiswa yang telah diupload dengan cara klik icon box dengan panah kebawah, untuk memberikan revisi/perbaikan penugasan klik icon kardus dengan panah keatas.

 

ADMINISTRATION

Untuk mengatur posisi matakuliah pada kategori yang diinginkan atau menambah gambar latar matakuliah kita bisa melakukannya dengan masuk kedalam menu settings.

 

PROJECTS

Projects adalah interaksi khusus yang hanya bisa diikuti oleh pengguna yang memiliki undangan dari dosen untuk dapat berpartisipasi, menambahkan pemikirannya kedalam sebuah project.
 

REPORTING

Untuk mengetahui sejauh mana progres mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan secara online

 

SETTINGS

Berfungsi untuk mengatur mata kuliah seperti hakakses dan beberapa pengaturan lainnya.

COURSE ACCESS/AKSES MATA KULIAH

Gambar 35. Course Access

 

Pada gambar 35 kita jadikan mata kuliah kita hanya bisa di akses menggunakan password, isi password pada bagian password pendaftaran mata kuliah, nanti password ini yang akan kita bagikan kepada mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini.

 

BACKUP

Berfungsi untuk melakukan backup, hapus dan copy mata kuliah

Gambar 36. Backup